TERBANG LAYANG MULAI DIPERTANDINGKAN


BONTANG - Setelah memulai pertandingan cabang olahraga (cabor) sepakbola dan bola voli indoor di Stadion Taman Prestasi dan GOR Taman Lestari, kini giliran terbang layang mulai dipertandingkan. Prosesi peresmian pembukaan terbang layang ditandai upacara yang dipimpin Wali Kota Bontang HA Sofyan Hasdam di Lapangan Terbang Layang Bontang Lestari Jumat (4/7) pekan lalu.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) cabor Terbang Layang Kapten Andes dalam laporannya menyebutkan bahwa, khusus pertandingan cabor terbang layang, akan berlangsung hingga tanggal 17 Juli 2008. Semenrara jumlah daerah yang turut ambil bagian pada cabor ini adalah 9 provinsi dengan jumlah atlit sebanyak 61 orang.

Buruknya cuaca yang terjadi akhir-akhir ini dikawasan Lapangan Terbang Layang Bontang Lestari memaksa panpel mengalihkan satu nomor pentandingan ke Bandar Udara (Bandara) Chevron di Tanjung Santan. Dari kondisi itulah kata Andes, pihaknya terpaksa mengalihkan nomor duration flight yang diperkirakan akan berlangsung selama 5 hari di bandara tersebut.

“Kita ingin memecahkan rekor nasional yang masih bertahan selama 3,5 jam diudara. Nah, kalau kondisi cuaca terus begini mustahil hal tersebut bisa tercapai. Oleh karenanya nomor duration flight kita alihkan ke Bandara Chevron yang lokasinya lebih memungkinkan,” terang Andes.

Sementara Wali Kota Bontang HA Sofyan Hasdam yang juga selaku Ketua Umum Sub PB PON XVII 2008 Bontang mengimbau kepada seluruh atlit yang akan bertanding dicabang ini agar menjunjung tinggi sportifitas pertandingan.

“Semua daerah tentu menginginkan tampil terbaik dan berupaya untuk menjadi pemenang. Namun ada yang lebih penting selain meraih kemenangan, yakni ukir prestasi terbaik yang kelak akan menjadi kebanggaan bangsa ditingkat pertandingan Internasional,” ungkap Sofyan Hasdam.

Lebih lanjut dikatakan wali kota bahwa, beberapa puluh tahun silam, hampir seluruh cabor Indonesia terbaik dibanding dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Namun saat sekarang ini kata wali kota, Indonesia seakan terpuruk dihampir semua cabor.

“Melalui momentum 100 tahun kebangkitan nasional tahun ini, mari kita bangkit. Termasuk bangkit untuk prestasi semua cabor. Dan ini perlu melalui pembinaan yang dilakukan secara terus-menerus yang dimulai sejak dini,” kata wali kota. (brm)

Tidak ada komentar: