CHRIS BOTTI


Meskipun namanya dikenal luas sebagai musisi/performer "contemporary jazz", trumpeter Chris Botti mengawali langkahnya dengan menyeburkan diri pada dunia musik pop. Penyanyi yang juga merupakan penduduk asli kota Oregon ini mulai bermain musik pada saat usianya masih menginjak angka sepuluh tahun, dan semasa duduk dibangku sma ia mulai tampil bermain musik secara profesional. Setelah menyelesaikan studinya di jurusan "music program" Indiana University di bawah arahan seorang "jazz educator" David Baker, ia pindah ke kota New York dimana ia belajar sekaligus bekerja dengan "saxophonist" George Coleman dan "trumpet great" Woody Shaw. Dibawah dua arahan produser tersebut dan juga Hugh Padgham dan Arif Mardin, Botti dengan cepat menjelma sebagai "highly regarded pop session player" dan ikut terlibat dalam proses rekaman bersama musisi ternama seperti Bob Dylan, Aretha Franklin, dan Thomas Dolby.

Di tahun 1990 Botti mendapat tawaran untuk bergabung dalam Paul Simon's band, dimana ia akhirnya pun bergabung sampai lima tahun lamanya. Akhirnya pada tahun 1995, Botti membuat album solo perdananya yang bertajuk "First Wish", sebuah album yang menggabungkan musik "contemporary pop-jazz" dengan unsur "art rock". Setelah tampil pada film Caught di tahun 1996, Botti muncul lagi dengan sebuah LP (mini album) di tahun 1997 dengan titel "Midnight Without You" dan disusul lagi oleh album dengan titel "Slowing Down the World" di tahun 1999.

Dua tahun setelah itu, ia tampil bersama Sting dalam tour "Brand New Day world tour", dan moment itu membawa Botti untuk kembali menggali ulang musik-musik lama sambil berusaha menciptakan sesuatu yang baru. Album "Night Sessions" yang keluar di tahun 2001 di rekam di Los Angles dimana menampilkan musik dengan nuansa "jazzy pop". Di tahun 2003 muncul album Thousand Kisses Deep, dan untuk mengurangi unsur "tradtional orchestral jazz" di tahun 2004 keluarlah "When I Fall In Love" dan dilanjutkan dengan "To Love Again The Duets" di tahun 2005.

Albums:
To Love Again: The Duets (2005)
When I Fall In Love (2004)
A Thousand Kisses Deep (2003)
December (2002)
Night Sessions (2001)
Slowing Down The World (1999)
Midnight Without You (1997)

Tidak ada komentar: