Chaka Khan


Di tahun 1984 nama Chaka Khan melejit ke tingkat popularitas tertinggi selama karienya di blantika industri musik. Single "I Feel for you yang dibawakannya bersama Prince menuai sukses besar di tahun tersebut. Penyanyi "Rnb" yang tergabung dalam grup band Rufus ini memulai karier musik di tahun 1973, bersama label ABC Chaka bersama grup bandnya Rufus membawakan musik-musik beraliran funk dimana pada dekade tersebut grup ini punya pengaruh cukup besar di industri musik.



Lusinan penghargaan mulai dari Gold hingga Platinum telah diraih Chaka Khan bersama Rufus. Seiring waktu berjalan Chaka Khan mulai merintis karier solonya sebagai penyanyi di tahun 1978. Dengan arahan sang produser Arif Mardin ia berhasil menorehkan sebuah hits single dengan titel "I'm Every Woman" dimana single ini menjadi "big hits" dan berada cukup lama pada chart-chart lagu bergengsi. Sebagai seorang penyanyi solo Chaka Khan juga pernah terlibat sebagai backing vokal untuk singel Ry Cooder yang bertitel Bop Till You Drop.



Ditahun 1980 Chaka mengeluarkan album Naughty dengan single andalan "What 'Cha Gonna Do for Me". Berlanjut di tahun 1982 Chaka masuk dalam album kompilasi jazz dimana pada album ini terdapat musisi-musisi jazz ternama seperti Freddie Hubbard , Joe Henderson , Stanley Clarke , Chick Corea dan Lenny White . Chaka Khan kembali mengejutkan industri musik pop saat ia merilis single I feel for you di tahun 1984. Single ini berhasil mendapatkan platinum dan berhasil merebut Grammy. Di tahun 1990 Chaka Khan kembali sukses merebut Grammy untuk kedua kalinya dimana single "I'll Be Good to You" yang dibawakannya bersama Ray Charles menuai sukses besar di tahun tersebut.

Tidak ada komentar: