SELAYANG PANDANG KOTA BONTANG

Kota Bontang terletak 123 km di utara Samarinda. Dengan wilayah yang relatif kecil dibandingkan kabupaten lainnya di Kalimantan Timur (406,70 km²), Bontang memegang peranan yang cukup penting dalam pembangunan Kaltim maupun nasional. Karena di kota yang bermotto Kota Taman ini, terdapat dua perusahaan raksasa Internasional yaitu PT Badak NGL di Bontang Selatan dan PT Pupuk Kaltim di Bontang Utara.


Kota Bontang secara administratif dikembangkan sebagai Daerah Otonom Kota sejak tahun 1999, setelah sebelumnya berada dalam wilayah administrasi Kabupaten Kutai Kertanegara. Letaknya tergolong strategis, pada poros jalan Trans-Kalimantan serta dilalui jalur pelayaran Selat Makassar sehingga menguntungkan dalam mendukung interaksi wilayah Kota Bontang dengan wilayah luar Kota Bontang. Secara keseluruhan, luas Kota Bontang mencapai 49.752,56 Ha, dimana sebagian besar merupakan wilayah perairan, dengan luas wilayah daratan sekitar 29% atau 14.870 Ha.

Secara astronomis, Kota Bontang berada dalam posisi 117º 23' - 117 º 38' Bujur Timur, serta 0 º 01' - 0 º 14' Lintang Utara.Secara administratif, Kota Bontang semula merupakan kota administratif dari Kabupaten Kutai dan menjadi Daerah Otonomi berdasarkan UU No.47 tahun 1999 tentang pemekaran propinsi dan kabupaten, terbagi atas tiga Kecamatan, yaitu Bontang Utara dan Bontang Selatan, dan Bontang barat .

Dengan luas wilayah perairan yang luas kota Bontang memiliki potensi sumber daya laut berupa perikanan laut yang memiliki berprospek cerah. Potensi budidaya laut dengan komoditas unggulan berupa udang, kepiting, ikan kerapu, udang lobster, kakap merah, teripang, rumput laut, dan tiram yang banyak dicari pasar luar negeri. Hasil laut tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan lokal juga mulai dipasarkan ke luar Bontang, bahkan diekspor.

Tempat – tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Kota Bontang antara lain : Pulau Beras Basah sebuah pulau pasir ditengah laut dengan jarak sekitar 15 Km dari pelabuhan Tanjung laut, dengan keistimewaan seperti pantai pasir putih dan keindahan alam laut. Pulau Selangan Sebuah perkampungan penudukan ditengah laut, keistimewaan pulau ini pengunjjung selain dapat menikmati pemandangan alam laut juga dapat menikmati hidangan ikan dari keramba milik penduduk setempat. Desa Bontang Kuala sebuah perkampungan penduduk yang menjulur kearah laut. Dari tiga tempat rekreasi diatas yang paling mudah dicapai pengunjung adalah Desa Bontang Kuala karena desa wisata ini dapat dicapat dengan mengunakan kendaraan pribadi dan jarak tempuh yang relatif dekat dari pusat kota.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik kota Bontang juga tergolong sebuah kota yang bersih. Hal ini dibuktikan dengan anugrahkanya piala Adipura untuk kota Bontang pada tahun 2008 ini.


Tidak ada komentar: